Sabtu, 18 Mei 2019

Bedanya Kuliah di Bulan Ramadhan dan Buka Puasa Ala Mahasiswa (Garis Besarnya)


Puasa Ramadhan merupakan salah satu bentuk ketaqwaan bagi umat muslim terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Puasa Ramadhan dilaksanakan selama sebulan penuh, dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa Ramadhan ini wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim yang sudah baligh dan berakal. “Lantas, apa hubungannya antara Ramadhan dan mahasiwa? Kenapa di judul disertai embel-embel “mahasiswa”. Kenapa? Jawab!”

Oke… Oke…

Bagiku yang saat ini bertitle mahasiswa yaa jadi semua keadaan, situasi, dan aktivitasku dalam koridor sebagai mahasiswa gitu…

Jadi, berdasarkan pengalamanku ini sebagai mahasiswa hari-hari di bulan Ramadhan itu beda banget dengan hari-hari biasa buat kuliah. Yang tiap pagi sampe sore full time buat kuliah aja. Tetapi kalau di bulan Ramadhan ini selain siang harinya kuliah pada umumnya, malamnya itu kita juga melaksanakan amaliyah-amaliyah khas Ramadhan misalnya tarawih dan tadarus Al’Qur’an, memaksimalkan berfastabiqul khairat gitu. Selain itu Ramadhan tahun ini bertepatan dengan pekan-pekan ujian akhir semester, so mahasiswa-mahasiswa di kampus aku “kudu” banget pintar-pintar memanage waktu buat belajar dan buat memaksimalkan ibadah Ramadhan supaya bisa terus berjalan bareng dan tidak keteteran.Itu sih secuil aktifitas yang membedakan hari biasa dan hari-hari yang istimewa di bulan Ramadhan. Nah.


Berikut keterkaitan antara Ramadhan dengan mahasiwa dari sudut berbuka puasa. Mahasiswa itu pada umumnya adalah anak kost, karena kebanyakan rumah mahasiwa dan kampusnya itu jauh-jauh. Tau kan kalau anak kost itu identik dengan pemaklumannya, tapi ga semua mahasiswa itu mengenaskan kok yaitu mahasiswa-mahasiswa yang kaya, tapi sayangnya aku bukan anak orang kaya hehe. Ups. Jadi, biasanya mahasiswa itu seneng bukan kepalang kalau tiba bulan Ramadhan, biasanya ia juga mengkhususkan waktu buat sore-sore ngabuburit ke masjid kampus, ketebak dong selain ikut kajian menjelang buka puasa ia juga ikut buka puasa bareng dengan teman-teman mahasiswa yang lain, makin tambah keeratan ukhuwah islamiyahnya. Luar biasa banget mahasiswa ini emang.

Seperti sudah diceritakan di atas, kalau di kampusku ini juga sedang melaksanakan UAS pas Ramadhan, emang berat sih, tapi tak apalah, bismillah. Jadi, libur abis UASnya itu bareng juga sama libur lebaran, mantul (mantap betul) banget kan! Dulu kalau abis libur lebaran suka dihadapkan dengan UAS gitu, tapi buat tahun ini serasa lebih panjang liburnya, Alhamdulillah.

Mungkin itu dulu yang bisa aku ceritakan sebagai mahasiswa yang berusaha berfastabiqul khairat lillahita’ala, insyaAllah akan aku sambung lagi ceritaku, apalagi masih banyak part-part yang menarik lainnya ala mahasiswa di bulan Ramadhan yang berkah ini. Terima kasih yaa sudah mampir :) Semangat puasa dan ibadah-ibadah lainnya yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar