Selasa, 26 Maret 2019

Anak Kost : Permasalahan dan Solusi di Dapur Bersama


Dapur merupakan tempat khusus yang berisikan seperangkat alat masak untuk digunakan memasak. Sebagian pemilik kost-kostan memberikan fasilitas dapur untuk digunakan bagi penyewa kostan. Penggunaan dapur oleh penghuni kost cukup penting terutama bagi mereka yang suka masak-memasak, selain itu dengan memasak sendiri kita dapat menyesuaikan tingkat kualitas hidangan masakan yang akan kita makan. Walaupun pada kenyataannya banyak pula penghuni kost terutama anak kost dimana mereka hanya menggunakan fasilitas dapur ini untuk mengolah makanan instan saja misalnya mie instan dan bahan makanan beku. 

Dapur ini berupa dapur umum yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni kost. Karena sifatnya yang dapat digunakan bersama terkadang menimbulkan beberapa masalah. Diantara beberapa permasalahan seputar dapur kostan antara lain :



1. Sering berantakan

Yap, dapur kostan sering banget berantakan entah itu bumbu-bumbu dan sampah bekas memasak yang tercecer di lantai dan meja dapur sudah tentu membuat risih teman kostan yang akan menggunakan dapur untuk memasak setelah digunakan teman lain yang tidak membereskannya. Meskipun biasanya penghuni kostan menyewa jasa bibi buat merapihkan kostan, tetapi untuk masalah berantakan tetap sering terjadi, apalagi jika bibi kerja hanya pada  pagi hari saja, pasti di sore hari dapur kostan sudah seperti kapal pecah lagi. 

Oleh karena itu beberapa saran dari pengalaman saya pernah tinggal di kostan, hendaknya kita menjaga agar dapur yang kita gunakan bersama selalu dalam keadaan bersih dan rapih, hal ini juga akan berdampak pada kualitas makanan yang kita masak menjadi lebih sehat dan higienis, selain itu juga dampak terhadap psikologis kita menjadi lebih baik, bayangkan sudah cukup stres kita dengan perkuliahan yang penuh tetapi bila ditambah dengan masalah dapur yang berantakan pasti akan semakin menambah beban stress. Mulailah untuk peduli terhadap lingkungan sekitar kita, terhadap teman-teman kita. 

Bukankah dapur itu fasilitas umum sehingga teman-teman kita pun memiliki hak untuk menggunakan dapur yang bersih, jangan egois dan malas yaa. Kalau teman-teman yang lain ternyata enggan untuk menjaga dapur agar tetap rapih dan nyaman, dia hanya menggunakan seenak jidat maka tetaplah bersabar menghadapinya, bila perlu rekomendasikan pula artikel ini padanya, siapa tahu hatinya tersentuh dan tergerak, kamu juga jangan ikut-ikutan masa bodo terhadap lingkungan bersama, cobalah untuk tetap menjaga dapur bersama, doakan mereka semoga dilembutkan hatinya, tetap istiqomah, senantiasa mengamalkan hadits menjaga kebersihan sebagian dari keimanan. Kemudian selain itu kamu bisa menempelkan notes di dinding dapur dengan kata-kata mutiara jagalah dapur bersama kita, jika perlu kamu bisa  gunakan kata-kata yang lebih tegas sebagai peringatan. Sebisa mungkin tidak terang-terangan menghujat dan menuduh mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan perpecahan.



2. Makanan hilang

Mungkin sebagian pernah mengalaminya, tetapi semoga yang tidak mengalaminya jauh lebih banyak dan tidak terulang kembali. Hal tersebut bisa saja terjadi karena beberapa sebab, misalkan teman kita salah mengambil makanan kita, ia lupa dimana ia menaruh makanan miliknya, atau memang ia benar-benar sedang kelaparan dan membutuhkan makanan segera. Tetapi sebagai teman kost yang baik sebaiknya kita menghindari perilaku seperti itu, karena akan menyebabkan kerugian bagi teman kita, cobalah posisikan kita sebagai teman yang baik. 

Tetapi apabila teman kita yang berbuat demikian terhadap kita , hendaknya kita tetap berpikir jernih dan jangan langsung menghakimi dan menjudge mereka, siapa tahu mereka punya alasan tertentu misalnya ia benar-benar lagi butuh dan berencana mengganti makanan kita esok harinya, maksudnya ia pinjam dulu. Kita juga bisa mengantisipasi hal ini, dengan hendaknya kita senantiasa ingat makanan apa saja yang kita simpan dan tempat dimana kita menyimpannya, kita juga harus sering untuk memeriksanya, selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kita juga sambil mengecek apakah makanan yang kita simpan itu masih layak makan atau sudah basi dan kadaluwarsa, sehingga segera perlu untuk dibuang.

3. Makanan basi di kulkas 

Kulkas sebagai fasilitas sepaket dalam dapur sebagai tempat yang sangat diperlukan oleh penghuni kost. Biasanya hampir semua penghuni kost memasukan semua makanan mereka ke dalam kulkas agar lebih awet, tetapi terkadang masalah terjadi yaitu makanan terlampau melebihi batas awetnya, sehingga makanan tersebut menjadi basi. Makanan yang basi yang terperangkap dalam kulkas dengan tempat yang tertutup dapat mengkontaminasi makanan yang lain, kulkas menjadi kotor dan sarang penyakit. 

Oleh karena itu, sebagai penghuni kost yang bijak hendaknya kita senantiasa menjaga kulkas dengan baik. Senantiasa kita memeriksa makanan kita, jangan sampai makanan yang sudah tidak layak makan masih bertengger di dalam rak kulkas, keluarkan dan bersihkanlah sisanya. Jangan memasukan bahan makanan dari supermarket atau tempat belanja langsung ke dalam kulkas beserta kresek-kreseknya, jika diperlukan bersihkan dulu misalnya buah dan sayur-mayur selain untuk menjaga kebersihannya, hal ini juga akan memudahkan kita ketika kita akan menggunakannya yakni dapat langsung digunakan, tidak perlu dicuci kembali. Sebisa mungkin hindari penggunaan kantong kresek di dalam kulkas, gunakanlah wadah-wadah khusus penyimpan makanan, untuk menjaga kerapihan isi kulkas dan menghindarkan makanan dari udara langsung, hal ini untuk menjaga higienitas bahan makanan, jika hanya menggunakan kantong kresek belum cukup rapat terkadang masih terdapat celah keluar masuknya udara bebas.


4. Peralatan masak

Biasanya ada saja penghuni tak bertanggungjawab setelah menggunakan peralatan masak ia tidak membersihkannya sehingga penghuni lain yang akan menggunakan peralatan dapur setelah penggunaan oleh penghuni tak bertanggungjawab akan merasa risih karena peralatan masak yang akan ia gunakan kotor dan berantakan. Sebagai penghuni yang baik hendaknya kita bertanggungjawab terhadap apa yang telah kita gunakan. Bersihkan apa yang telah kita gunakan,  hal ini untuk memudahkan aktifitas bersama kita di dapur kostan.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai gambaran dapur kostan, permasalahannya, dan beberapa saran dan solusi dari pengalaman saya yang bernah beberapa tahun tinggal sebagai anak kost. Semoga bermanfaat :)



Sumber gambar :
sapawarga.com
gambaranimasi.org

3 komentar: