Selasa, 26 Maret 2019

Street Food : Review Martabak Keju Bara (Babakan Raya) [Not Sponsored]

Kali ini gue mau review jajanan yang melegenda banget. Terkenal banget hampir diseluruh daerah dan kota-kota metropolitan di Indonesia. Yup! Dari judul udah ketahuan, kudapan yang bakal gue review adalah “MARTABAK”. Eits, jangan asal judge dulu. Jangan nyangka kalo setiap martabak tiap daerah, tiap yang jual itu sama aja. Tapi, kali ini gue bakal review yang khusus banget yaitu Martabak Bara, cuy!

Btw, loe tau ga Bara (Babakan Raya) itu apa sih istimewanya? Ya istimewa banget lah, terutama buat mahasiswa IPB Dramaga yang notabene tiap sekedar pingin nyemal nyemil atau makan berat pun larinya ke Bara. Garis besarnya sepanjang jalan Bara itu berderet penjual makanan termasuk jajanan. Cukup sekian info tentang Bara-nya lain kali gue ceritain lebih detail lagi.

Ada beberapa penjual yang jualan martabak di Bara. Dan kali ini gue ga ngereview semuanya. Gue cuma mereview Martabak Bara yang paling deket Gerbang Berlin (salah satu spot di IPB), alasannya karena paling deket dengan kostan gue, terus ga kebayang dong kalo gue harus review semua yang jual martabak, kenyang banget gue dong seminggu full dan biayanya lumayan banget dong bisa buat nyicil UKT wkwkwk.


Pas gue beli tanggal 26 Maret 2019 hari Selasa, malam hari jam 19.30 an. Sebelumnya gue belum pernah beli martabak ini, so ini jadi pertama gue nyobain. Dengan harga Rp 20.000 gue udah dapet dong sedus martabak keju. Murah meriah banget kan untuk ukuran street food tahun 2019. Masih terjangkau gitu lah oleh kalangan mahasiswa kek gue.

Sebenarnya sih penjualnya itu nawarin, mau yang spesial atau biasa, barang tentu harganya juga beda, so pasti gue milih yang paling paling paling murah hehe. Alhasil gue milih yang biasa aja hehe. Jadilah setelah pesen, gue dibuatin seloyang martabaknya rasa keju. Selang 20 menitan pesenan gue udah kelar. Cuslah gue pulang nikmatin martabak keju di kostan.

Berikut gue sertakan daftar harga dan rasanya yang berhasil gue abadikan dengan smartphone gue. Harga ini per tahun 2019 bulan Maret. Siapa tahu sewaktu-waktu kalian perlu referensinya kan. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dan mood penjualnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu hehe.


Setelah sampai kosan dan gue buka dus martabaknya, berikut adalah tampilannya. Lumayan menggoda kan dan terlihat enak kan.

Satu dus berisi 10 potong martabak, hampir memenuhi ruang di dalam dus. Bahkan gue ga sanggup ngabisin semuanya sendiri, kalo loe mau loe bisa berbagi atau patungan bersama temen loe buat belinya.

Ketebalan martabaknya sekitar 3,7 cm sepasang lapis martabak, lumayan juga kan bikin cepet kenyang dah. Rasanya enak kalo makan dengan porsinya yang cukup dan pas, kalo kebanyakan niscaya rasa kejunya bakal lebih terasa dan membosankan. Jadi, makan secukupnya aja, hindari berlebihan, agar rasa enaknya semakin nikmat. 

Ingatlah sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam "Tidak ada tempat paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak Adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya. Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya ia memberikan sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk nafasnya" (HR. Tirmidzi)

Kalo buat warna martabaknya, jujur gue rasa terlalu coklat tua, emang sih ga gosong, tapi jadi mengurangi penilaian gue terhadap lookingannya gitu kan. Kalo buat lubang-lubang khas martabaknya gue cukup suka karena cukup bertekstur beda dari martabak-martabak yang pernah gue nikmatin sebelumnya.

Topping keju yang disiram krimer kental manis juga lumayan berasa, tapi kejunya cukup berlebihan terasa banget buat gue yang ga terlalu suka keju. Penjualnya juga menaburkan gula pasir pas martabaknya dimasak diatas loyang, jadi makin makin manis dong.

Over all, gue kasih bintang buat martabak bara ini. Gue cukup suka, enak juga, dan terjangkau.

Demikian street food edisi martabak Bara yang bisa gue review. Semoga menambah kecerahan loe-loe pada tentang jajanan ini terutama di Bara. Semoga bermanfaat :)



Sumber gambar :
Jepretan pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar