Sabtu, 30 Maret 2019

Street Food : Sepanjang Bara (Babakan Raya) Berderet Penjual Berbagai Makanan


Warga, masyarakat, bahkan mahasiswa yang berdomisili di Dramaga, Kabupaten Bogor terkhusus Desa Babakan tentu sudah tahu dan tak asing spot yang bernama Bara (Babakan Raya). Babakan Raya sebenarnya merupakan nama sebuah perkampungan di Kecamatan Dramaga, kemudian sering disingkat menjadi Bara. Di Bara terdapat sebuah jalan yang menjadi akses dari Jalan Raya Dramaga ke daerah kampus dalam seperti Babakan Raya, Babakan Tengah, Babakan Lio dan daerah kampus dalam lainnya.

Nah, pada jalan di Bara inilah terdapat deretan penjual kebutuhan para mahasiswa dan warga sekitar. Barang-barang yang dijual di Bara sangat beraneka ragam jenisnya seperti makanan, alat tulis, tas, sepatu, sayur-mayur, cetak foto, kaca mata, plastik, warung kelontong, toserba, baju, CD, tempat photocopy, tempat ngeprint, aksesoris, konter handphone, warung nasi, serta perlengkapan sehari-hari lainnya.

Selain terkenal dengan kemacetannya saat malam hari yaitu saat-saat mahasiswa pulang kuliah atau saat-saat para mahasiswa mencari makan malam, Bara (Babakan Raya) juga terkenal sekali sebagai tempat yang berderat-deret kios dan gerobak penjual makanan. Bara menjadi salah satu andalan bagi mahasiswa tingkat pertama yang masih tinggal di asrama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama hal pokok yaitu makan, karena mereka tidak bisa masak di asrama, jadi mau tidak mau kalau mau makan mereka harus membelinya sendiri salah satunya di Bara.

Berdasarkan judul, saya akan mendaftar jenis-jenis makanan apa saja yang terdapat di Bara. Berikut daftar nama makanannya :

1. Buah-buahan (papaya, melon, semangka, jambu)
2. Gorengan tahu berisi bihun pedas yang dilapisi tepung
3. Warung yang berjualan makanan ringan, minuman rasa-rasa, permen, dan sebagainya
4. Telor gulung
5. Cakwe
6. Gorengan mendoan dan gehu
7. Susu yang beraneka rasa
8. Jus buah-buahan
9. Kukil (kue kiloan)
10. Otak-otak
11. Kebab
12. Martabak mini
13. Batagor
14. Siomay
15. Bento
16. Nasi rames
17. Sate padang
18. Es pisang ijo
19. Roti maryam
20. Mie Aceh
21. Baso tusuk
22. Es teh 
23. Seblak
24. Ayam geprek
25. Mie baso
26. Mie ayam
27. Kue pukis
28. Gudeg
29. Soto Jawa
30. Tongseng
31. Warnas (warung nasi)
32. Warteg (warung tegal)
33. Asinan buah
34. Soto Bogor
35. Sate
36. Pecel lele
37. Rumah makan sea food
38. Es kelapa
39. Piscok
40. Lumpia goreng
41. Lumpia basah
42. Cilok
43. Warkop
44. Rumah makan Sunda
45. Ice cream
46. Es campur
47. Ketoprak
48. Donat
49. Soto Surabaya
50. Sosis bakar

Demikian yang dapat saya daftarkan terkait jenis-jenis makanan yang ada di Bara. Sebenarnya masih banyak jenis makanan yang lainnya yang belum sempat saya sebutkan di atas, karena saya lupa atau karena saya tidak tertarik sehingga saya tidak mampu mengingatnya. Terlepas bermanfaat atau tidaknya artikel saya kali ini, tetapi saya akan berfikir positif mungkin ada para maba-maba IPB yang sekedar memerlukan gambaran sekitar kampus, jadi mungkin artikel ini akan sedikit memberikan info terkait lingkungan sekitar kampus.

Pesan saya, apa pun jenis makanan yang ingin kamu makan, pastikan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kamu adalah makanan yang halal, baik, sehat, bergizi dan higienis ya. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar